Social Icons

Pages

Monday 28 October 2013

Resume 'BANK SYARIAH; SEJARAH DAN PERKEMBANGAN'



Resume 'BANK SYARIAH; SEJARAH DAN PERKEMBANGAN'
Kajian PAKEIS , Level 2 ICMI Orsat Kairo
Wisma Nusantara, Selasa, 24 September 2013
Oleh: Muhammad Afdhal Sulaiman

1.    Pengertian Perbankan : Kata "bank" diambil dari bahasa Perancis "banque" atau bahasa Italia "banca" atau dari bahasa Jerman "Benc". Kata "bank" awalnya berarti meja atau bangku tempat yang digunakan untuk menaruh uang oleh para pedagang valuta di Itali.

2.    Sejarah Perbankan Dalam Peradaban Islam : Jauh sebelum dunia Islam bersentuhan langsung dengan peradaban Eropa, dunia Islam sudah mengenal dunia perbankan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa benih-benih perbankan di dunia Islam sudah terlacak di masa Rasulullah Saw. Seperti wadi’ah (titipan) dengan maksud qardh (hutang/pinjaman).
Zubair bin Awwam r.a adalah salah satu contoh yang sangat jelas untuk menjelaskan bentuk system perbankan yang sudah dikenal di masa awal Islam. Zubair bin Awwam menerima titipan harta yang diamanahkan.

3.    Sejarah Perbankan Modern : Sejarah perbankan yang kita kenal sekarang muncul pada abad XII masehi. Pada masa ini muncul pertama sekali penggunaan kata “Bank”. Pada tahun 1157 M di kota Venice muncul sebuah bank. Selanjutnya lahir sebuah bank di kota Genoa, Italia pada tahun 1170 M. Kemudian di Barcelona juga dibuka sebuah bank pada tahun 1401 M.

4.    Kemunculan dari sistem perbankan secara hakiki baru tercatat di kuarter terakhir abad XVI M yang ditandai dengan berdirinya bank Banca Della Pizza Di Rialto di kota Venice. Berlanjut ke kota Amsterdam pada awal abad XVII M dengan dibukanya bank Amsterdam, Belanda pada tahun 1609 M.

5.    Sebab Lahirnya Perbankan Syariah : Bangsa Eropa mulai memperkenalkan sistem perbankan ribawi yang mereka bawa dari Eropa untuk menggantikan sistem perbankan syari’ah yang ada di dunia Islam melalui penjajahan. Kondisi umat Islam yang sedang lemah dan kacau paska runtuhnya khilafah Turki Ustmani ikut mempermudah penjajahan mental umat Islam. Semakin lama ummat islam semakin merasa tidak ada yang salah dengan sistim keuangan ribawi yang dibawa oleh bangsa Eropa dengan penjajahan, sehingga dengan buruknya kondisi seperti ini para pakar ekonomi muslim berinisiatif mengembalikan sistim keungan syariah.

6.    Fase-fase gerakan Perbankan Syariah:
- Pergerakan perorangan : Secara perorangan usaha mewujudkan sistem perbankan Islami dimulai oleh DR. Ahmad Najjar di Mesir pada tahun 1963. Beliau mendirikan sebuah bank kecil yang beroperasi di pedesaan sepanjang delta sungai Nil. Bank ini bekerja dengan mengumpulkan tabungan dari masyarakat lalu diinvestasikan dengan prinsip musyarakah.
- Pergerakan secara nasional: Pergerakan di tingkat nasional untuk mewujudkan bank syariah muncul di Mesir dengan lahirnya Bank Nashr pada tahun 1971 M. Bank ini menjadi bank pertama yang diatur langsung melaluli undang-undang yang melarang bank ini melakukan transaksi yang mengandung unsur riba.
- Pergerakan di tingkat internasional: Pada level internasional, usaha untuk mewujudkan perbankan Islami mulai didengungkan dalam pertemuan Menteri-menteri Luar Negeri OKI di Jeddah. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa resolusi yang diantaranya adalah perlunya pembentukan sebuah bank syariah berskala internasional.


7.    Perkembangan Perbankan Syariah dalam Ekonomi Modern: Tahun 1975 menjadi tonggak sejarah kelahiran perbankan syariah di era modern. Pada tahun tersebut Bank Dubai Islami resmi dibuka. Tahun ini menjadi tahun pemisah antara fase pergerakan menuju fase penyebaran perbankan syariah ke seluruh dunia.
Tahun 1977 lahir Bank Faisal Islami di Mesir, Bank Faisal Islami di Sudan dan Baitul Maal Kuwait. Tahun berikutnya lahir Bank Islam Yordania. Pada tahun 1979 lahir Bank Islam Bahrain. Selanjutnya bank-bank Islam bermunculan dan terbentuk diberbagai negara bahkan diluar batas negara-negara Arab dan dunia Islam.

8.    Perbandingan Bank Syariah Dan Bank Konvesional:
- Kesamaan:

a.       Keduanya memiliki persamaan dalam nama, sama-sama bank.
b.      Dua lembaga ini, sama-sama berkutat dalam transaksi uang. Baik bank syariah maupun bank konvensional, sama-sama melakukan penawaran jasa transaksi keuangan.

- Kelebihan:
a.       Bank syariah dalam teknis kerjanya berdiri atas dasar kebersamaan, baik dalam keuntungan maupun kerugian, dan menjauhi transaksi ribawi.
b.      Tidak ada toleransi pelanggaran kaidah-kaidah syariat.
c.       Sektor ekonomi riil mendampat porsi yang lebih besar, dibanding sektor moneter.
d.      Tunduk pada hukum syariat, dan bukan hukum ekonomi semata.
e.       Bentuk akad dalam perbankan konvensional semata-mata hanyalah hutang piutang berbunga, meskipun bentuk transaksinya bermacam-macam.
f.       Transaksi hutang dalam bank konvensional mensyaratkan adanya jaminan, berbeda dengan bank syariah yang menggunakan akad musyârakah, mudhârabah dan lainnya, maka tidak membutuhkan jaminan, karena menanggung resiko rugi.

9.    Selain itu perbedaan antara perbankan syariah dengan konvensional terletak pada adanya Lembaga Penyelesaian Sengketa dan adanya Dewan Pengawas Syariah di perbankan syariah.

10.              Tabel prinsip perbankan Islam dan konvensional:

No
Bank Syariah
Bank Konvensional
1
Berdasarkan prinsip investasi bagi hasil
Berdasarkan tujuan membungakan uang
2
Menggunakan prinsip jual-beli
Menggunakan prinsip pinjam-meminjam uang
3
Hubungan dengan nasabah dalam bentuk hubungan kemitraan
Hubungan dengan nasabah dalam bentuk hubungan kreditur-debitur
4
Melakukan investasi-investasi yang halal saja
Investasi yang halal maupun yang haram
5
Setiap produk dan jasa yang diberikan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah
Tidak mengenal Dewan sejenis itu
6
Dilarangnya gharar dan maisir
Terkadang terlibat dalam speculative FOREX (Foreign Exchange Market/ Currency) dealing
7
Menciptakan keserasian diantara kedua sektor (riil maupun moneter)
Berkontribusi dalam terjadinya kesenjangan antara sektor riil dengan sektor moneter
8
Tidak memberikan dana secara tunai tetapi memberikan barang yang dibutuhkan (finance the goods and services)
Memberikan peluang yang sangat besar untuk sight streaming (penyalahgunaan dana pinjaman)
9
Bagi hasil menyeimbangkan sisi pasiva dan aktiva
Rentan terhadap negative spread (selisih negatif)















Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 

Sample Text

Sample Text