Social Icons

Pages

Friday 3 May 2013

Katakanlah Kepada Mereka "Aku Dari Jambi"…!!!


Oleh : Muhammad Afdhal Sulaiman

Bertepatan 04/11/12 pukul 14.00 CLT Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) bersama rombongan menginjakkan kaki di halaman sebuah apartment daerah Hay Asyir. Dalam hal ini gubernur datang menghadri acara peresmian Rumah Jambi yang akan diresmikan oleh beliau sendiri. Dengan penuh antusias anggota Keluarga Mahasiswa Jambi (KMJ) menyambut gubernur di gerbang apartement, masyarkat jambi di Mesir sangat bergembira bertemu dengan beliau  seperti anak bertemu dengan ayahnya. Selain gembira dengan diberikan rumah baru oleh pemda jambi mereka juga gembira karena dari sekian banyaknya gubernur jambi yang menjabat dari periode ke periode hanya kali ini gubernur jambi yang sngaja mengunjungi warganya di Mesir.

Setelah masuk rumah jambi Bapak Gubernur beserta rombongan melaksanakan solat zuhur berjamaah. Selanjutnya gubernur dan rombongan menuju aula rumah jambi yang di sana beliau sudah ditunggu oleh para tamu dari kalangan mahasiswa baik dari jambi itu sendiri maupun dari kekeluargaan lain. Semua bertepuk tangan. Acarapun dimulai dengan khidmat dan penuh antusias. Acara demi acara terus berjalan dari kata sambutan ketua KMJ (Keluarga Mahasiswa Jambi) , ketua TPRJ (Tim Pengadaan Rumah Jambi), sesepuh KMJ serta pemutaran video proses pembangunan rumah pun ditayangkan. Hingga acara puncak pun datang yaitu kata sambutan langsung dari bapak gubernur sekaligus meresmikan rumah jambi dan penandatanganan prasasti.

Dalam kata sambutan bapak gubernur menyampaikan perihal perkembangan jambi tersendiri baik bidang ekonomi maupun pendidikan. Penyampaian beliau dengan bahasa yang sangat khas yang terkadang dengan bahasa jambi asli dan terkadang memakai bahasa dusun beliau sehingga ada juga yang sulit difahami oleh sebagian tamu undangan.

Adapun perihal yang berhubungan ekonomi beliau sangat bangga akan jambi. Beliau mengatakan jambi sangatlah kaya, jambi mempunyai kebun kelapa sawit dan karet yang sangat luas. Selain itu jambi juga mempunyai gas alam dan batu semen. Insallah dalam waktu dekat jambi akan membuat pabrik semen.
Dikarenakan jambi mempunyai Sumber daya alam yang sangat kaya sehingga gubernur berniat meningkatkan semua bidang dijambi, seperti pembangunan dan pendidikan. Di bidang pembangunan dalam jangka panjang gubernur akan membangun pelabuhan di Tanjung jabung barat dan perluasan bandara Sultan thaha saifuddin.

Adapun pembangunan yang dalam proses sekarang adalah pembangunan jam berukuran besar sabagai icon kota jambi. Di bawah jam tersebut akan dijadikan museum. Museum ini akan menceritakan bagaimana sejarah jambi dan bagaimana proses Islam masuk ke Jambi.

Perihal seputar peningkatan pendidikan dan SDM di Jambi, gubernur jambi memperbanyak kapasitas beasiswa bagi anak-anak jambi. Beasiswa tersebut mencakup pendidkan dalam negeri dan luar negeri. Dalam program beasiswa gubernur jambi menyediakan 65 orang untuk penerima beasiswa S3 dan 25 orang untuk program S2. Kuota ini jauh lebih besar dari pada program beasiswa ketika beliau menjabat sebagai bupati sarolangun yang hanya menyediakan 5 orang penerima S3 dan 20 orang penerima beasiswa S2.

Salah satu alasan beliau membuka program beasiswa S2 dan S3 tersebut adalah karena rendahnya SDM masyrakat jambi bila dibandingkan dengan daerah lain seperti Padang, Medan, Aceh dan provinsi lainnya. Jika program ini terus berjalan selama beliau menjabat satu priode ini maka jambi bisa menciptakan lebih dari 300 orang doctor dan 125 magister.

Harapan beliau kepada penerima beasiswa setelah menyelesaikan pendidkan tersebut bukan hanya untuk berkontribusi di Jambi saja, akan tetapi beliau ingin orang jambi bisa berkontribusi besar untuk Indonesia. Beliau pernah mengtakan. 'jika kalian sukses, saya hanya minta kalian mengatakan ketika orang lain bertanya kepada kalian 'anda orang mana? Maka katakanlah AKU ORANG JAMBI'. Saya hanya ingin numpang bertuah dan numpang nama dari kesuksesan kalian." Hanya itu permintaan saya dan itu cukup membuat saya bangga. Kalimat sederhana ini terucap karena sangat minimnya orang jambi yang bisa berkontribusi baik nasional maupun internasional. ini dibuktikan sulitnya beliau berurusan di pusat kArena orang jambi sangat minim menjabat di kanto-kantor pusat. Ini hanya salah satu sebab dari banyaknya sebab yang lain.

Dari isi sambutan beliau tersebut beliau tak berharap banyak kecuali hanya kesuksesan orang-orang jambi khususnya dunia pendidikan sesuai dengan program yang beliau jalankan. semoga jambi terus membaik kedepannya. Aamiin.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 

Sample Text

Sample Text