Social Icons

Pages

Friday 3 May 2013

Membaca Yoook....!!!


Oleh : Khoiratul Afiifah Bintu Sulaiman

Tepat pada hari Minggu, 30 September 2012, saya diundang oleh ustad di tempat saya belajar tahfizh di pondok pesantren Al-Hidayah Bekasi, di sana dulu saya belajar selama 3 minggu ketika liburan semester dengan teman saya, ketika kami datang ke sana alhamdulillah kami disambut dengan baik dan saya merasa memiliki keluarga baru. Tepat pada tanggal itu santri-santri di sana sedang mengadakan kemah di bumi perkemahan Ragunan, dalam acara itu, pimpinan pondok pesantren yaitu ustad Sam Qomaruddin. Beliau mengharapkan kepada saya untuk bisa memberikan sedikit pencerahan dan motivasi kepada seluruh santri yang ada di sana, awalnya saya menolak karena saya merasa ilmu yang saya miliki belum memadai dan masih bisa dibilang sedikit. Saya tidak bisa menolak karena ustad terus memaksa saya, dan saya pun memenuhi permintaan ustad yang sudah saya anggap bapak saya sendiri.


Tepat setelah isya' para santri mulai berkumpul di lapangan, sebelum itu saya dimintai biografi, ketika itu saya membayangkan kalau saya menjadi pembicara atau motivator sukses... Aaaamiiiin. Setelah itu acara pun dimulai, detak jantung saya mulai berdetak semakin kencang dan panas dingin. Dan masih bingung tema apa yang harus saya paparkan, lama-kelamaan saya menemukan tema yang tepat untuk santri yang ada di sana, dari kesempatan ini saya membawakan tema tentang “Semangat muda” , saya menjelaskan tentang bagaimana peran pemuda dalam pembangunan sutu bangsa dan khususnya untuk menggapai cita-cita, dan disana saya membandingkan peran pemuda dan orang tua. Bagaimana seharusnya tindakan pemuda yang masih memiliki anggota tubuh yang kuat, tidak banyak memiliki kesibukan dan masih memiliki banyak waktu luang yang dibanding dengan orang tua yang bisa kita lihat bapak, ibu kita, mereka sudah banyak bekerja, pikirannya sudah bercabang, tanggung jawab semakin berat yang ada berperan sebagai ayah, kepala keluarga dan ibu berperan sebagai ibu yang baik untuk menciptakan anak-anak yang sholeh, berguna bagi agama dan bangsa.

Pemuda yang masih memilki semangat yang masih hangat dan menggelora seperti api yang sangat panas yang begitu semangat untuk membakar benda-benda disekelilingnya . Pemuda yang begitu memiliki pemikiran yang cemerlang untuk menghasilkan ide-ide yang bermanfaat dan demi kemajuan suatu bangsa yang intelek dan bermoral. Pemuda yang memiliki cita-cita setinggi langit yang bermanfaat untuk dirinya dan orang-orang sekelilingnya. Dalam kesempatan itu saya juga menjelaskan tentang indahnya menghafal al-Qur'an, sehingga saya banyak menjelaskan tentang cerita-cerita motivasi

Selama saya menjelaskan, dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, dan ketika saya menjelaskan, dari pandangan saya, saya menemukan salah satu dari santriwati ada yang menangis, dan ini kejadian yang kedua kalinya ketika dulu saya juga pernah memberi sedikit motivasi kepada mereka sewaktu di pondok. Dan samoga semua yang saya lakukan menjadi amal ibadah... Aaaamiiiin... Saya bisa menceritakan apa-apa yang selama ini saya dapat dari membaca, ketika itu saya mulai berfikir bahwasanya inilah hikmah dari membaca, lancarnya atau tidak seseorang ketika di public speaking itu ditandakan sebarapa banyak pengetahuan yang ia miliki, saya baru menyadari sungguh banyak hikmah membaca itu diantaranya memudahkan kita berbicara di depan umum, ketika kita sudah banyak memiliki pengatahuan yang mendalam, mungkin awalnya untuk memiliki kepercayaan diri dalam berbicara public speaking itu kurang tapi itu semua bisa lenyap oleh pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki itu bisa menjadi pendukung kita dalam berbicara.

Membaca merupakan suatu hal yang membosankan inilah anggapan mayoritas orang, mereka merasa bahwa membaca itu hanya menghabiskan waktu, membaca bukan suatu yang menarik, lebih baik menonton saja, membaca itu hanya membuat mengantuk saja sehingga menimbulkan kemalasan, itulah anggapan yang salah. Maka dari itu marilah kita perbaiki pemikiran yang salah dengan mencari kebenarannya dengan cara membaca tulisan saya ini sampai selesai...oke....setuju....???

Banyak penulis-penulis terkenal dengan buku-bukunya yang telah tersebar di tengah masyarakat, untuk menulis tulisan terkenal begitu prosesnya tidaklah mudah, awal mula mereka bisa menulis itu kuncinya hanya dari membaca. Dari membaca bisa menghasilkan ide-ide baru dan kemudian dituangkan dalam tulisan. Maka dari itu supaya sesuatu yang kita baca itu tidak lupa maka tuangkanlah dalam tulisan sehingga itu akan selalu lengket dalam pikiran kita.

Dari membaca akan mendapatkan infomasi dan ilmu pengetahuan baru. Dengan jarangnya kita membaca maka otak kita akan tumpul, sehingga akan menyusahkan kita dalam mencerna sesuatu, sama seperti pisau yang tumpul sehingga tidak bisa memotong sesuatu yang lembut dan lunak maupun yang keras. Begitulah persamaan pisau dan otak, sehingga otak kita perlu diasah yaitu dengan membaca. Ini juga akan memudahkan seseorang berkomunikas atau pun berbicara dengan orang yang kita ajak bicara(mukhothob atau mukhothobah)itu orang berpengetahuan dan tingkat pendidikan lebih tinggi dari kita, sehingga kita bisa memulai perbincangan dengannya sesuai kapasitas yang kita miliki, sesuai ilmu pengetahuan yang dimiliki sehingga perbincangan menjadi lancar, saling sambung menyambung dan perbincangan terus mengalir. Semua orang akan merasa senang dan nyaman untuk mengajak kita mengobrol maupun berbagi pengalaman.

Tidak ada halangan bagi kita untuk tidak terus membiasakan membaca, karena di zaman sekarang telah banyak tools sebagai bacaan kita, seperti internet, semua orang bisa mengakses situs-situs yang bermanfaat yang berisi artikel, ebook novel, cerpen, dan ebook ilmu pengetahuan, itu semua bisa kita dapatkan tanpa membeli buku yang mungkin tidak semua orang bisa membeli buku-buku dengan harga yang begitu mahal. Indonesia merupaka negara terbesar dalam pengguna facebook karena memang Indonesia juga merupakan negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia. Alangkah baiknya bagi pengguna facebook ataupun twitter untuk bisa menyempatkan membuka bacaan artikel atau koran-koran online sehingga walaupun tak meiliki media komunikasi lain seperti tv untuk mendapatkan informasi sehingga dengan munggunakan internet semua bisa mengakses yang kita inginkan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 

Sample Text

Sample Text